Pengertian Musik Groove Metal

Groove Metal adalah subgenre dari Heavy Metal. Genre yang satu ini sering di kaitkan dengan Pantera dan Exhorder. Pada intinya, Groove Metal mengambil kehebatan dan kualitas super dari Thrash Metal dan memainkannya dalam tempo yang sedang, namun beberapa band juga ikut terjun sesekali ke tempo yang lebih cepat.
Album Cowboys From Hell-nya Pantera disebut sebut sebagai pencetus dan tunas pertamanya Groove Metal. Seorang penulis buku berjudul “Sound Of The Beast: The Complete Headbanging History Of Heavy MetalIan Christe memberikan pujian kepada album Chaos A. D. nya Sepultura dan Pantera sebagai band yang menciptakan Death Metal yang di kemudian hari menjadi inspirasi bagi lahirnya genre Groove Metal pada tahun 1990-an. Band-band yang beraliran Groove Metal biassanya menggabungkan Thrash Metal, Hardcore Punk dan Industrial Musik ke dalam permainan mereka. Gitaris sekaligus Vokalis band Prong, Tommy Victor mengatakan bahwa sikap dan tingkah laku orang-orang yang bergenre Groove Metal datang dari atau bercermin kepada sikap dan tingkah laku nya anak-anak Bad Brains yang aslinya merupakan pioneer dari genre Hardcore Punk.
Sebagai salah satu genre dalam dunia Metal, Groove Metal banyak juga di usung oleh band-band besar seperti Sepultura dan Pantera, namun ada juga yang lari dari Groove Metal atau tidak mau di kategorikan sebagai band yang beraliran Groove Metal. Seperti band veteran Thrash Metal Annihilator yang cabut dari Road Runner Records agar terhindar dari Groove Metal yang pada saat itu sedang gencar-gencar nya di promosikan oleh label rekaman ini.
Di bawah ini ada daftar band-band yang ber-genre Groove Metal:
1. Anthrax
2. Black Label Society
3. Byzantine
4. Cavalera Conspiracy
5. Channel Zero
6. Chimaira
7. Clutch
8. Corrosion Of Conformity
9. Devil Driver
10. Ektomorf
11. Fear Factory
12. Fireball Ministry
13. Helmet
14. Hellyeah
15. Hemlock
16. High On Fire
17. Lamb Of God
18. Korn
19. Machine Head
20. Mastodon
21. Mudvayne
22. Pantera
23. P. O. D.
24. Powerman 5000
25. Prong
26. Sepultura
27. Sevendust
28. Skinlab
29. Soilent Green
30. Soulfly
31. The Sword
32. Thraet Signal
33. Throwdown
34. Trivium
Semoga tulisan ini bisa membantu sobat sekalian yang ingin tau tentang genre Metal yang ada.

2 komentar: